10 Fakta Soal Autisme

website

10 Fakta Soal Autisme

TabloidNova.com- Bulan April ditetapkan sebagai Autism Awareness Month atau bulan kesadaran autisme. Tahukah Anda, banyak fakta soal kelainan tumbuh kembang ini yang banyak orang tak tahu. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menurut data terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika, 1 dari 68 anak di negeri Paman Sam memiliki satu bentuk atau spektrum autisme. Angka ini meningkat dari penelitian sebelumnya. Di tahun 2012, diperkirakan 1 dari 88 anak memiliki kelainan yang berkaitan dengan autisme.

2. Ternyata, anak laki-laki lebih rawan terkena autisme dibanding anak-anak perempuan. Statistik membuktikan, autisme lima kali lebih umum ditemukan pada anak lelaki. CDC memperkirakan satu dari 42 anak laki-laki adalah penyandang autisme. Bandingkan jumlahnya dengan anak perempuan, yakni 1 banding 189.

3. Indikasi awal autisme pada bayi yang bisa diperhatikan orangtua adalah: bayi tidak melakukanbabblingdi usia 1 tahun, dan tidak ada satu pun kata yang diproduksi bayi ketika usianya 16 bulan. Waspada juga bila bayi tidak melakukan kontak mata.

4. Hingga kini, penyebab atau pencetus autisme pada anak belum diketahui. Para peneliti menyimpulkan, baik faktor genetik dan lingkungan sama-sama berkontribusi.

5. Autisme memang tidak bisa disembuhkan, namun banyak jalan untuk "merawat" penderitanya. Caranya antara lain dengan terapi, perencanaan pendidikan, dan medikasi. Para dokter dan ilmuwan juga percaya bahwa identifikasi awal dan perawatan sejak dini kepada anak autis akan sangat menolong mereka di bidang akademis dan sosialisasi di masa depan.

6. Riset menunjukkan, tidak ada hubungan antara munculnya gejala autisme dengan vaksinasi. Bahkan dengan dilakukannya vaksinasi ganda dalam sehari kepada anak, risiko untuk anak mendadak terserang autis tidak ada.

7. Jika seorang anak menderita autis, 2-18 persen kesempatan saudara kandung mereka juga akan memiliki spektrum autisme tertentu. Kesempatan ini lebih besar jika anak kembar identik, yakni sekitar 36-95 persen.

8. Sekitar 20-30 persen anak penyandang autisme terserang epilepsi. Anak-anak autis yang kemampuan bahasanya menurun sebelum menginjak usia 3 tahun juga diteliti memiliki risiko lebih tinggi terserang epilepsi.

9. Sekitar 10 persen anak penyandang autisme juga menderita kelainan lain, baik itu kelainan genetis, metabolis, atau neurologis. Menurut CDC, beberapa kelainan ini di antaranya adalahbipolar disorder, fragile X-sindrome, dandown syndrome.

10. Agar autisme cepat tertangani, bayi dan anak-anak seharusnya melakukan tes secara berkala. CDC merekomendasikan anak melakukanscreeningterkait dengan tumbuh kembang pada usia 9, 18, dan 24-30 bulan.

Astudestra Ajeng/Huffington Post

Sumber : http://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Anak/10-Fakta-soal-Autisme

 

 

 

 

Alamat

Jl. Mandala Utara VI No. 2
Tomang, Jakarta Barat
Ph. : (021) 560 6834
Fax. : (021) 560 6704

 

Google Maps

Sekolah Cahya Anakku

 

Email

Registrasi: shintya@sekolah.cahyaanakku.org

Konseling: marjuki@sekolah.cahyaanakku.org

 

Twitter

Username: Cahya_anakku

 

 

Testimonial

Moving Class

Self-Management

Kelas Self-Management